Biaya Kuliah Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS) Tangerang Tahun 2019/2020

Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang Biaya Kuliah Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS) Tangerang Tahun 2019/2020 maka di bawah ini Informasi Kuliah Indonesia kuliahkaryawansabtuminggu.com menyampaikan tentang Biaya Kuliah Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS) Tangerang Tahun 2019/2020 sebagai berikut:

Biaya Kuliah Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS) Tangerang Tahun 2019/2020


Sejarah

Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang adalah Perguruan Tinggi Pertama yang didirikan di Tangerang, berdiri tanggal 14 April 1966 dan merupakan salah satu pelopor pendidikan tinggi Islam di Banten. Adapun nama Syekh-Yusuf yang diabadikan menjadi nama Universitas riwayatnya secara singkat sebagai berikut :

Syekh-Yusuf adalah seorang ulama sekaligus seorang pejuang. Berkat jasanya, ia diberi gelar pahlawan nasional oleh negara. Syekh-Yusuf lahir pada tanggal 3 Juli 1626 di Lakiung Makasar. Ayahnya bernama Sultan Alauddin Raja Gowa ke 14 (1593-1693), sedangkan ibunya bernama Siti Aminah, putri seorang Lurah.

Di usianya yang ke 18, Syekh-Yusuf sudah merantau ke luar daerah, meninggalkan kerajaan Gowa. Selama 5 tahun, Syekh-Yusuf menetap di Banten untuk menuntut ilmu agama. Untuk menambah pengetahuannya, ia kemudian merantau ke negeri Yaman untuk menuntut Ilmu Tarekat kepada Syekh-Abi Abdullah.

Sebagai seorang pemuda yang haus akan ilmu, Syekh-Yusuf kemudian melanjutkan studinya di beberapa kota di negeri Arab selama kurang lebih 15 tahun. Selama dalam perantauan, Syekh-Yusuf dikenal sebagai seorang ulama yang bijak. Kemashuran nama Syekh-Yusuf kemudian diketahui oleh Sultan Banten, Sultan Ageng Tirtayasa.

Tahun 1664, Syekh-Yusuf dipanggil oleh Sultan Ageng Tirtayasa untuk mengajar putra-putri Sultan di Banten. Sultan kemudian menikahkan putrinya yang bernama Syarifah dengan Syekh-Yusuf. Puluhan tahun berselang, tepatnya di tahun 1682, Belanda menyerbu Banten. Dari penyerbuan itu, Belanda menangkap Sultan. Syekh-Yusuf yang saat itu telah diangkat sebagai Adipati kemudian meneruskan perjuangan Sultan untuk melawan penjajah Belanda, dan memimpin langsung perjuangan.

Semangat kepahlawanan dan kegigihan Syekh-Yusuf dalam memperjuangkan kemerdekaan begitu sangat ditakuti oleh Belanda. Dan demi untuk menaklukkannya, Belanda harus berupaya mencari berbagai cara. Salah satunya, membawa lari puteri Syekh-Yusuf yang bernama Asma untuk dijadikan sandera. Dari Asma, Belanda akhirnya mengetahui tempat persembunyian Syekh-Yusuf.

Pertempuran sengit antara pasukan Syekh-Yusuf dan pasukan penjajah Belanda yang cukup besar dan bersejarah terjadi di Muara Sungai Citanduy. Dari pertempuran tersebut, Syekh-Yusuf berhasil dikalahkan Belanda karena kekuatan yang tidak seimbang. Syekh-Yusuf pun terpaksa menyerah, Ia beserta anggota keluarga dan pengikutnya dibuang ke Seylon (Sri Langka). Peperangan ini terjadi pada tanggal 15 Desember 1683.

Di tempat pembuangan, Syekh- Yusuf terus berjuang mengembangkan syiar agama Islam dan menentang penjajahan Belanda. Tahun 1694 Syekh-Yusuf dipindahkan ke Afrika Selatan bersama 49 orang anggota keluarga dan pengikutnya. Syekh-Yusuf wafat di Afirika Selatan pada tahun 1699, tetapi kemudian kerangkanya dipindahkan ke Makasar dan dimakamkan di daerah kelahirannya, Desa Lakiung, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

VISI UNIS:

Terwujudnya Universitas Islam Unggul pada Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam era Persaingan Universitas dunia pada tahun 2032

Untuk memperjelas makna rumusan visi UNIS, maka diuraikan beberapa kata kunci yang terdapat dalam Visi tersebut.

  1. Universitas Islam: UNIS yang dikelola berlandaskan akidah, syariat, dan akhlaqul karimah berdasarkan Al-Qur’an dan Assunah, baik di bidang akademik maupun non akademik.
  2. Unggul: UNIS menjadi universitas unggul dalam pembelajaran, kegiatan kemahasiswaan, penelitian dan publikasi karya ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat.
  3. Ilmu Pengetahuan: Rangkaian pengetahuan yang digali, disusun dan dikembangkan secara sistematis di UNIS dengan menggunakan pendekatan tertentu, yang dilandasi oleh metode ilmiah untuk menerangkan gejala alam dan/atau kemasyarakatan tertentu.
  4. Teknologi: Pemanfaatan dan penerapan berbagai cabang Ilmu Pengetahuan di UNIS yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan dan kelangsungan hidup, serta peningkatan mutu kehidupan manusia
  5. Era Persaingan Universitas dunia: Era dimana seluruh perguruan tinggi di dunia bisa bersaing dan berkembang secara terbuka diseluruh kawasan dunia. UNIS melalui RIP dalam rangka kiprahnya bersaing dengan perguruan tinggi lain dan berkontribusi bagi masyarakat dunia melalui tahapan-tahapan teaching university, advance teaching university, primary-research university, research university.

MISI UNIS:

Misi UNIS adalah sebagai berikut :

  1. perguruan tinggi yang mampu menyelenggarakan dan meningkatkan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan (sustainable quality improvement) didukung oleh mutu kompetensi dan kinerja dosen serta pendayagunaan sumber-sumberdaya pendidikan yang efisien;
  2. perguruan tinggi yang mampu mewujudkan proses pendidikan dalam bentuk pembelajaran daring (digital learning) yang sebanyak mungkin mengutamakan kegiatan mahasiswa dalam belajar (student-centered learning) didukung oleh sumberdaya ICT yang relatif terbatas;
  3. perguruan tinggi yang mampu mewujudkan proses pendidikan yang terpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang ditopang oleh informasi berbasis riset (research base information), kegiatan riset mahasiswa sebagai inti dari proses pembelajaran, serta sumberdaya ICT yang dapat diakses baik oleh dosen maupun mahasiswa; dan
  4. perguruan tinggi yang mampu memfasilitasi mahasiwa untuk secara aktif melalui proses pelaksanaan belajar mandiri (independent learning) melalui kegiatan riset yang didukung oleh akses terhadap informasi dan sumberdaya ICT untuk melahirkan karya-karya ilmiah inovatif termasuk hak kekayaan intelektual yang dipublikasikan baik secara nasional maupun internasional.

Biaya Kuliah

Program S1

Program S2

Mungkin Anda Tertarik

Demikian kami sampaikan tentang Biaya Kuliah Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS) Tangerang Tahun 2019/2020 semoga informasi tentang Biaya Kuliah Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS) Tangerang Tahun 2019/2020 ini bermanfaat.